Tembok Besar Misterius Berusia 3,5 Abad Ditemukan Di Bawah Proyek MRT Jakarta

0 6


Eramuslim.com – Pekerja yang sedang membuat jalur MRT di bawah tanah di Jakarta dibuat heboh. Sebuah artefak kuno dan misterius berupa tembok besar yang diperkirakan berusia 3,5 abad ditemukan menghadang pembangunan Mass Rapid Transit atau MRT fase II antara Bundaran Hotel Indonesia-Kampung Bandan. Tembok itu berada di bawah Stasiun Jakarta Kota, lokasi yang hendak dijadikan stasiun bawah tanah proyek MRT fase II tersebut.

Tembok misterius usia 3,5 abad yang “menghadang” jalur MRT

Ketua Tim Ahli Cagar Budaya Pemprov DKI Jakarta, Candrian Attahiyyat, mulanya menduga bahwa tembok besar itu adalah bagian dari Benteng Kota yang juga menjadi bagian dari tembok Kota Batavia pada masa lampau.

Namun setelah diteliti lebih lanjut, dugaan itu diragukan. Sebab, selain struktur bawah tanah berupa tembok yang masih misterius itu, ada banyak temuan lainnya juga, diantaranya adalah batu kubus besar dan cerucuk kayu dari abad 19.

“Sampai sekarang belum diketahui dengan pasti tembok besar itu sebagai apa. Tapi itu bagian artefak,” kata Candrian.

Candrian menuturkan, bahwa tembok itu pertama kali ditemukan saat pembangunan halte Stasiun Kota untuk Transjakarta, dan jembatan penyeberangan orang bawah tanah pada tahun 2006 lalu.

Ia memperkirakan usia tembok tersebut lebih dari 3,5 abad, sehingga termasuk bagian dari cagar budaya.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3 4 5

loading…





Source link – Sumber : Eramuslim.com

Get real time updates directly on you device, subscribe now.