Di Era Premier League, Belum Ada Manajer Chelsea yang Awet 4 Tahun

0 4







London – Pemecatan Antonio Conte menegaskan betapa tak mudahnya awet jadi manajer Chelsea. Di era Premier League, The Blues bahkan tak punya manajer yang awet 4 tahun.

Conte tak lagi jadi manajer Chelsea, walaupun baru tahun lalu mampu membawa Si Biru menjuarai Premier League. Total Conte telah menangani Chelsea dalam 106 laga kompetitif sejak 3 Juli 2016.


Diberhentikannya Conte juga melanjutkan tren manajer-manajer juara Premier League yang dicopot dari posisinya dalam kurun waktu setahun usai berjaya. Ini sudah terjadi enam kali dalam delapan musim terakhir, dengan Chelsea terlibat dalam tiga di antaranya.

Secara umum, menjadi manajer yang awet di Chelsea tampaknya memang bukan perkara mudah. BBC mencatat bahwa Chelsea belum punya satu pun manajer yang awet selama 4 tahun penuh sejak era Premier League bergulir.

Dalam kurun waktu tersebut cuma Glenn Hoddle (Juni 1993-Mei 1996), Claudio Ranieri (September 2000-Mei 2004), dan Jose Mourinho (periode pertama, Juni 2004-September 2007) yang paling mendekati periode 4 tahun penuh sebagai manajer Chelsea.

Fakta menarik lain adalah bahwa sejak era Roman Abramovich (tahun 2003) Chelsea sudah menunjuk manajer baru sebanyak 11 kali, termasuk caretaker yang bertugas selama beberapa bulan. Tujuh di antaranya mampu meraih trofi.

“Bahkan tidak satu pun manajer yang ditunjuk sosok Rusia itu gagal meraih trofi saat menangani klub selama semusim penuh. Di eranya (Abramovich), The Blues tak pernah melewati satu tahun tanpa meraih trofi,” sebut BBC.

(krs/ran)






Source link – Sumber : Detik.com

Get real time updates directly on you device, subscribe now.