Kini Berpengaruh di Australia, Iwan Sunito: Saya Dulu Bodoh

0 17



Jakarta – Pengusaha properti asal Indonesia Iwan Sunito tak menyangka akan sukses seperti saat ini. Kini, dia menjadi pengusaha yang berpengaruh di Australia lewat perusahaannya Crown Group.

Iwan mengaku, saat sekolah dia tak termasuk anak yang pintar. Bahkan, dia mengaku minder karena merasa bodoh.

“Betul-betul nggak pinter, betul-betul kok bodo, membuat saya malah minder jadi orang,” kata Iwan saat berbincang santai dengan detikFinance di Jakarta, Selasa (24/7/2018).



Iwan menambahkan, dirinya minder karena nilainya di sekolah selalu jelek. Bahkan, dia tak memiliki prestasi apapun.

“Karena memang nilainya nggak karuan, sama pada waktu itu memang sekolahnya nggak bagus, prestasi sport juga jelek. Dan saya bukan satu pemimpin. Lama-lama orang ngomong, minder karena sendiri merasa bodoh, orang lain juga ngomong, goblok banget lu. Hahaha,” jelasnya.

Namun, dia mengatakan, rasa minder itu menjadi pengalaman berharga baginya. Sebab, mengalahkan rasa minder itu mengubah pandangan hidupnya menjadi lebih baik.

“Kemunduran itu yang kita bisa menangkan, yang menjadi basis di mana mindset diubah. Seandainya kalau nggak ada perjuangan mungkin nggak sama,” ujar Iwan.

“Orang itu kan nggak bisa diajari percaya diri kecuali melalui kegagalan lalu berhasil. Eh bisa juga, the next level lagi,” terangnya. (zlf/zlf)



Source link – Sumber : Detik.com

Get real time updates directly on you device, subscribe now.