Indonesia Sudah Tak Punya Kekayaan Alam

0 33


Eramuslim – Indonesia ternyata sudah tidak menjadi negara yang memiliki kekayaan alam melimpah.

Ekonom senior dari Universitas Indonesia (UI) Faisal Basri menjelaskan, Indonesia sudah tak lagi memiliki kekayaan alam karena SDA yang dimiliki saat ini sudah terbilang tipis. Contoh, jika tak ditemukan sumber yang baru, cadangan minyak negeri ini hanya akan bertahan hingga 9,2 tahun ke depan.

“Indonesia sekarang sebetulnya sudah tidak lagi kaya, siapa bilang Indonesia sekarang kaya,” ujarnya dalam diskusi bertajuk ‘Menagih Komitmen Keberpihakan Perizinan Tambang dan Migas untuk Kepentingan Nasional’ di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Menteng, Jakarta, Senin (30/7).

Tak hanya itu, Indonesia kata mantan ketua Tim Reformasi Tata Kelola Migas (RTKM) itu juga tak bisa dibilang kaya karena hanya memiliki 2,2 persen cadangan batubara dunia.

“Yang kaya itu Amerika, China, Rusia, Australia kalau batubara itu. Kita 39 tahun lagi habis kalau tidak ada penemuan baru,” jelasn Faisal.

Yang lumayan banyak, lanjutnya, yakni cadangan gas. Yang mana cadangan gas dalam negeri masih bisa dipakai untuk 40 tahun ke depan

“Yang lumayan gas. Gas kita itu masih bisa untuk 40 tahun lebih kalau tidak ada penemuan lagi. Dan cadangan kita sih ga terlalu besar. 1,5 persen dari cadangan dunia. Kecil, lumayan besar,” pungkas Faisal. (dtk)

loading…





Source link – Sumber : Eramuslim.com

Get real time updates directly on you device, subscribe now.