Anggaran Rp 34,9 M Sudah Cair untuk Bantuan Gempa Lombok

0 34



Jakarta – Pemerintah mengaku telah menggelontorkan dana bantuan bencana gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) sebesar Rp 34,9 miliar. Pencairan anggaran dilakukan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Adapun plafon yang disediakan Kementerian Keuangan untuk bantuan bencana NTB sebesar Rp 4 triliun.

“Kemarin itu sudah Rp 34,9 miliar, sekarang lagi di assessment, sudah kita siapkan, berapa jumlah yang berat, sedang,” kata Sekertaris Utama BNPB Doddy Ruswandi di Komplek Istana, Jakarta, Jumat (10/8/2018).


Doddy melanjutkan, anggaran bencana khusus NTB yang sebesar Rp 4 triliun pun bersifat tidak tetap, alias masih bisa ditambah jika kebutuhan rehabilitasi pasca gempa membutuhkan dana lebih dari yang disiapkan.

“Ibu Menteri Keuangan siapkan Rp 4 triliun, jadi kalau darurat nanti bisa ditambah,” ujar dia.

Dia bilang, anggaran Rp 4 triliun pun berbeda dengan anggaran bencana umum yang sudah berada di BNPB yakni sebesar Rp 700 miliar. Dari anggaran bencana umum ini sudah terserap 50%.

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan bahwa anggaran rehabilitasi gempa Lombok di NTB tidak dibatasi.

“Kalau anggaran rehabilitasi dan sebagainya itu tidak dibatasi, on call berapapun kebutuhannya dikasih,” kata Basuki.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan pihaknya masih menunggu hasil pendataan bagi masyarakat yang terdampak gempa. Misalnya untuk rumah sedang diatasi kerusakannya ringan, sedang, atau berat.

“Terus pembayarannya kepada pemilik rumah juga seperti yang disampaikan presiden sebelumnya yang berat berapa mendapat yang ringan sedang dan berat, kita siapkan dananya, bahkan sebagian dananya sudh dicairkan dananya oleh BNPB,” kata Sri Mulyani.

(eds/eds)



Source link – Sumber : Detik.com

Get real time updates directly on you device, subscribe now.