Hari Pertama 12 Agus di Sumba, ke Kampung Ratenggaro & Pantai Pero

0 22


Sumba – Setibanya di Sumba, 12 Agus terpilih langsung melakukan eksplorasi. Kampung adat Ratenggaro dan Pantai Pero pun didatangi di hari pertama.

Sumba memiliki banyak destinasi budaya hingga alam yang menyihir banyak traveler untuk datang. Bersama detikTravel, ke-12 Agus terlebih dulu mendatangi Kampung Adat Ratenggaro di Kabupaten Sumba Barat Daya.

Di Ratenggaro, traveler dapat melihat kearifan budaya orang Sumba lewat rumah adatnya yang disebut uma kalada. Bangunan bergaya rumah panggung serta atap jerami tersebut ditinggali oleh beberapa kepala keluarga beserta keluarganya.


Sedangkan di bagian luar, traveler bisa melihat barisan makam kuno yang dibuat dari batu bertingkat. Tak lupa juga senyum ceria anak-anak yang polos dan ramah.

“Unik, terus anak-anaknya asyik kayak ramai, fresh. Kalau di kota susah nemuin kayak gitu. Rumahnya bagus banget,” ujar salah satu Agus, Dendy Agustario Rahardjo.

Hari Pertama 12 Agus di Sumba, ke Kampung Ratenggaro & Pantai PeroFoto: (Johanes Randy/detikTravel)

Di sana traveler juga bisa menjumpai aneka kerajinan lokal seperti kain tenun, kalung, gelang hingga tempat sirih yang dibuat tangan. Hanya saja, pastikan Anda membawa uang tunai jika ingin belanja.

Hal terakhir yang perlu diperhatikan, traveler bisa membawa permen atau buku untuk diberikan ke anak-anak. Hanya saja, jangan pernah memberikan uang kepada anak-anak demi kebaikan mereka.

Usai dari Ratenggaro, para Agus pun menutup hari pertama penjelajahan di Sumba dengan melihat sunset dari Pantai Pero yang indah bukan main. Tak sedikit para Agus yang mengabadikan momen sunset di Pantai Pero dengan kamera dan berbagai pose.

Itu baru hari pertama, masih ada lagi hari esok. Pastinya akan ada lebih banyak destinasi cantik dI Sumba yang bakal didatangi para Agus. Yuk, simak terus di detikTravel!

Hari Pertama 12 Agus di Sumba, ke Kampung Ratenggaro & Pantai PeroFoto: (Johanes Randy/detikTravel)

(rdy/aff)




Source link – Sumber : Detik.com

Get real time updates directly on you device, subscribe now.