Kalau Punya Uang Nganggur, Mau Buat Apa? (1)

0 27



Jakarta – Baik anda ataupun mungkin teman anda pasti pernah punya pertanyaan seperti apa yang ada di dalam judul artikel ini. “Kalau punya uang nganggur, buat apa?

Bila anda bertemu orang yang menempatkan kondisi keuangan dalam prioritas pertama, kemungkinan besar jawabannya yang anda dapatkan adalah, “nabung atau investasiin aja, lumayan nanti ada keuntungannya. Daripada nganggur kan sayang uangnya?”

Tapi anda juga harus pahami bahwa dalam proses perencanaan keuangan, investasi adalah langkah terakhir yang bisa anda lakukan. Jadi, secara sederhana, jawaban “investasiin aja uangnya..” bisa jadi malah membawa permasalahan baru bagi anda.


Harus anda ingat bahwa dalam investasi itu tidak hanya ada keuntungan tetapi juga ada risiko. Bayangkan kalau uangnya diinvestasikan lalu tergerus risiko dan uangnya hilang? Piye?

Kemudian, bila bukan investasi jawabannya, apa yang harus dilakukan? Apakah liburan dengan “uang nganggur” bisa dibenarkan?

Biasanya, ini menjadi pertanyaan dari kelompok usia pekerja baru (first jobber) atau mahasiswa. Kalau anda masuk kelompok ini, punya uang berlebih di rekening tabungan rasanya ingin segera dihabiskan. YOLO, “you only live once” katanya.

Dengan prinsip ini, bila punya dana berlebih uangnya ingin sekali digunakan untuk liburan atau sekedar membeli barang yang berkaitan dengan hobi yang sedang sering dilakukan. Benar kan?

Sebenarnya, bila melihat dari sudut pandang ilmu perencanaan keuangan, semuanya bisa dibenarkan. Baik uang nganggur yang anda miliki akan diinvestasikan, atau uang nganggur yang anda miliki akan anda habiskan untuk hobi atau membiayai rangkaian liburan.

Namun, sebelum melakukan itu semua, ada dua hal sederhana yang harus anda penuhi agar anda relatif aman dari sebuah risiko keuangan. Apa saja itu?

1. Pastikan Anda Tidak Memiliki Utang
Meski terdengar sederhana, namun ini sangat penting bila suatu saat anda kebingungan akan di-apa-kan sejumlah dana yang menganggur di rekening anda. Pastikan, hal ini adalah hal paling pertama yang anda ingat begitu anda memiliki keinginan untuk membelanjakan dana menganggur tersebut. Namun, tidak semua utang harus anda lunasi dengan dana yang menganggur di rekening anda.

Utang KPR, KPA ataupun utang yang anda gunakan untuk membeli sesuatu yang produktif tidak perlu segera anda lunasi. Melunasi cicilan KPR dan KPA dengan segera juga bukan sebuah hal yang baik bila diperhitungkan dari sisi keuangan, ada perhitungan khusus untuk menjawab hal ini. Juga diperlukan artikel khusus dan workshop untuk menjawabnya.

Nah, yang harus menjadi perhatian anda adalah utang yang bersifat konsumtif. Utang jenis ini biasanya dihasilkan oleh kartu kredit yang anda miliki ataupun utang yang anda ambil dari pinjaman online.

Utang jenis ini, biasanya digunakan untuk membiayai pembelian barang yang bukan bersifat aset. Secara sederhana, barang yang dibeli menggunakan utang ini tidak berkembang dari sisi nilainya, bahkan mungkin habis dikonsumsi saja.

Utang jenis ini menjadi penting untuk segera dilunasi bila anda memiliki dana berlebih di rekening anda. Utang jenis ini berpotensi memberatkan bila tidak segera dilunasi, ada bunga yang cukup besar mengancam melilit anda, dan ada juga denda yang mengintai anda.

Sehingga, ingatlah selalu, bila anda memiliki uang berlebih di rekening yang ingin segera anda belanjakan, tanya dulu diri anda, “apakah punya utang konsumtif yang belum dilunasi?”

Utang ini masuk sebagai check up pertama didalam financial check up. Kalau mau tau tentang check up keuangan lebih detil lagi bisa dipelajari melalui kelas dan workshop yang dilaksanakan oleh tim IARFC Indonesia https://ow.ly/NbPy30gC3Dy atau tim AAM & Associates http://ow.ly/pxId30gC3BB.

Di Jakarta dibuka workshop sehari tentang bagaimana cara Mengelola Gaji dan Mengatur Uang bulanan info http://bit.ly/CPM0818 dan Belajar dan Teknik Menjadi Kaya Raya dan juga workshop sehari tentang Reksa Dana, info http://bit.ly/WRD0818.

Selain itu, atas permintaan banyak orang maka kami juga mengadakan workshop 1 hari tentang Property cara memilih dan berbisnis sewa-sewaan property, info bit.ly/PROP0818.

Untuk ilmu yang lebih lengkap lagi, anda bisa belajar tentang perencanaan keuangan komplit, bahkan bisa jadi konsultannya dengan sertifikat Internasional bisa ikutan workshop Basic Financial Planning, dan workshop Intermediate dan Advance Financial Planning di Pertengahan Agustus info http://bit.ly/INFP0818 dan http://bit.ly/ADFP0818.

Info lainnya bisa dilihat di www.IARFCIndonesia.com. Anda bisa diskusi tanya jawab dengan cara bergabung di akun telegram group kami “Seputar Keuangan” atau klik t.me/seputarkeuangan.

Di artikel berikutnya akan dibahas apalagi yang bisa anda lakukan ketika anda punya uang menganggur.

Disclaimer: artikel ini merupakan kiriman dari mitra yang bekerja sama dengan detikcom. Redaksi detikcom tidak bertanggung jawab atas isi artikel yang dikirim oleh mitra. Tanggung jawab sepenuhnya ada di penulis artikel. (ang/ang)



Source link – Sumber : Detik.com

Get real time updates directly on you device, subscribe now.