Kenali Faktor Risiko Kanker Kulit, Sinar UV Hingga Tahi Lalat

0 27



Jakarta – Memiliki kulit yang bersih, mulus serta putih merupakan impian para wanita. Salah satu cara yang tepat untuk melindungi kulitmu adalah dengan menggunakan tabir surya alias sunscreen.

SPF (Sun Protecting Factor) yang terkandung dalam tabir surya menunjukkan jumlah waktu yang dibutuhkan untuk menentukan terbakarnya kulitmu. Sederhananya, tabir surya ini akan memblokir sinar ultraviolet B alias UVB yang dapat menyebabkan terbakarnya kulit dan juga UVA yang menyebabkan kerusakan akibat sinar matahari.

Dijelaskan oleh spesialis kulit, dr Sri Prihianti Gondokaryono SpKK, perlindungan sinar UV oleh tabir surya tidak hanya ditentukan oleh pemilihan nilai SPF, tapi juga cara penggunaannya.

“Nilai SPF dalam tabir surya yang tersedia di pasaran sangat beragam, dari yang 15 sampai 100. Untuk di negara tropis, minimal nilai yang direkomendasikan adalah yang SPF 30. Tapi supaya nilainya tidak berkurang, tabir surya harus sering direplikasi dan digunakan dalam dosis yang cukup, yaitu dua sendok atau jari untuk seluruh tubuh,” ujar dr Yanti, sapaan akrabnya, yang dikutip dari artikel detikHealth sebelumnya.

Selain paparan sinar matahari yang berkepanjangan dapat merusak kulitmu, dikutip dari Health Line, ada beberapa faktor risiko penyebab kanker kulit, mau tahu? Yuk simak!

(up/up)



Source link – Sumber : Detik.com

Get real time updates directly on you device, subscribe now.