Ma’ruf Amin Tampak Bugar di Usia 75 Tahun, Rahasianya Apa Ya?

0 25



Jakarta – Menjalani aktivitas yang padat di usia lanjut bukanlah sesuatu yang mustahil. Seperti dicontohkan oleh Prof Dr KH Ma’ruf Amin, yang baru-baru ini menjadi calon wakil presiden, mendampingi Joko Widodo. Ia masih tampak cukup bugar di usianya yang sudah menginjak 75 tahun.

Tak semua orang bisa memiliki tubuh yang bugar di usia lanjut. Menurut pakar endokrinologi Dr dr Aris Wibudi, SpPD, KEMD, yang pertama harus dilakukan adalah mengetahui kemampuan diri sendiri.

“Kondisi fisik setiap orang memiliki batasannya masing-masing, jadi kita harus sesuaikan dengan kemampuan,” ucap dr Aris, salah satu anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI), ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (10/8/2018).



Selanjutnya adalah dengan mengatur pola makan, sebab apabila sudah lanjut usia kadang kondisi fisik menjadi kendala. Mengonsumsi makanan seimbang yang bernutrisi seperti buah dan sayur bisa sangat membantu. Hindari makanan yang berlemak dan manis karena berisiko menimbulkan penyakit.

Terakhir apabila memungkinkan adalah olahraga. Tapi ini sangat perlu diwaspadai, sebab bisa-bisa jika dipaksakan justru menimbulkan kelelahan.

“Maka dari itu tadi pertama disebutkan kemampuan setiap orang berbeda-beda. Jadi kita tidak bisa samakan satu dengan yang lain,” tutupnya.

(up/up)



Source link – Sumber : Detik.com

Get real time updates directly on you device, subscribe now.