Masyarakat Jatim Paling Semangat Ikuti Sertifikasi Otomotif

0 17



Tangerang – Untuk bersaing secara global industri otomotif butuh sumber daya manusia yang mempuni dan tersertifikasi. Untuk itu sertifikasi kompetensi diadakan.

Dari catatan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Jawa Timur merupakan daerah yang masyarakatnya paling semangat mengikuti sertifikasi otomotif.

Seperti yang disampaikan Sekretaris Umum Gaikindo Kukuh Kumara, meski penyebaran kendaraan di Jawa Timur masih kalah dengan Jawa Barat, namun untuk keinginan warganya agar dapat disertifikasi lebih tinggi.

“Kebetulan saya pernah ikut di LSPTO (Lembaga Sertifikasi Profesi – Teknisi Otomotif), jadi kita ikuti yang banyak mencari atau berniat untuk mendapatkan sertifikasi kompetensi otomotif itu Jawa Tengah,” ujarnya.

“Pertumbuhan kendaraan masih relatif kalah sama Jawa Barat, ini juga pertanyaan,” tambah Kukuh.

Hal tersebut lanjut Kukuh mengatakan, bisa menjadi bahan evaluasi bagi para pihak yang terkait, agar bisa diperbaiki.

“Nah ini harus dikembangkan di seluruh Indonesia, ini juga masalah pertumbuhan jadi nanti bisa dijadikan acuan. Apakah BLK (Balai Latihan Kerjanya)-nya apakh SMK-nya itu berkaitan dengan ini, karena yang di Papua, Sulawesi, Kalimantan sudah cukup,” lanjutnya.

Kukuh sebelumya mengatakan daerah Jawa Barat menjadi daerah dengan angka penjualan mobil terbesar di Indonesia mengalahkan Jakarta. Provinsi lain pun sudah semakin meningkat seperti di Papua.

“Distribusi kendaraan per 2017 ada pergeseran, kalau beberapa tahun lalu fokusnya di Jawa sekarang lebih menyebar. Jakarta sekarang sudah nomor 2, Jawa Barat yang nomor 1. Pertumbuhan penjualan per provinsi datanya cukup baik di Papua pun mulai meningkat hanya turun di Sumut, Riau tapi sebagian besar cukup meningkat,” ujarnya. (khi/ddn)




Source link – Sumber : Detik.com

Get real time updates directly on you device, subscribe now.