Mengulik Kemampuan Bixby 2.0 di Galaxy Note 9

0 30



Jakarta – Generasi terbaru dari asisten virtual buatan Samsung resmi meluncur di tubuh Galaxy Note 9. Mengusung nama Bixby 2.0, apa saja kehebatannya?

Samsung baru saja menggelar acara bertajuk Unpacked 2018 di New York, Amerika Serikat, sebagai ajang kemunculan Galaxy Note 9. Jika berbicara mengenai phablet anyar dari perusahaan asal Korea Selatan tersebut, maka asisten virtual yang tertanam di dalamnya tentu tidak bisa dilupakan begitu saja.

Bixby 2.0, begitu Samsung menamai generasi terbaru dari asisten pintarnya. Salah satu vendor smartphone terbesar di dunia itu menerangkan bahwa pihaknya sudah memberikan sejumlah pengembangan kepadanya, seperti kemampuan dalam memprediksi kebutuhan user.



Contohnya, katakan saja seorang user sempat menanyakan sebuah konser di akhir pekan suatu bulan. Lalu, saat si pengguna ingin mengetahui agenda apa saja yang ada di akhir pekan tersebut, maka Bixby akan langsung membahas konser itu. Kemampuan tersebut mirip dengan yang dimiliki oleh Alexa kepunyaan Amazon.

Kemudian, rekomendasi restoran jadi salah satu kemampuan yang diunggulkan pada Bixby 2.0. Contoh kasusnya, ketika user menanyakan restoran baru yang patut dituju, maka asisten virtual tersebut akan memunculkan pilihan berdasarkan reservasi yang sudah dilakukan pengguna sebelumnya, sebagaimana detikINET kutip dari The Verge, Jumat (10/8/2018).

Jadi, jika user kerap mengunjungi restoran yang menyajikan masakan barat, maka Bixby akan mengutamakan tempat makanan sejenis untuk dimunculkan di awal. Lalu, saat pengguna ingin memesan tempat, maka asisten pintar tersebut secara otomatis akan membantu mengisi formulir dengan data yang tersimpan sebelumnya, mulai dari waktu hingga banyaknya orang.

Nantinya, pasca mendapat pembaruan, Bixby 2.0 juga memungkinkan user untuk memesan Uber. Jadi, ketika user mememberi tahu ke mana ia ingin pergi, maka asisten pintar tersebut akan memberikan harga dan tinggal menunggu konfirmasi untuk memesannya. Menelepon si driver Uber pun juga disebut memungkinkan untuk dilakukan lewat Bixby.

Selain itu, rencananya asisten virtual tersebut juga bisa menjelajah acara-acara terdekat dari posisi pengguna. Samsung pun mengaku jika pihaknya terus menjaring lebih banyak kerja sama agar bisa integrasi Bixby terhadap aplikasi pihak ketiga semakin luas.

Selain hadir di Galaxy Note 9, asisten pintar tersebut juga hadir di perangkat anyar lainnya dari Samsung, yaitu Galaxy Home. Dengan berkata “Hi,Bixby” untuk mengaktifkannya, user bisa meminta speaker pintar tersebut untuk memainkan musik atau menjalankan perintah lainnya.

Sayangnya, belum banyak detail yang diberikan mengenai Galaxy Home. Terkait dengan hal tersebut, Samsung berjanji akan memberikan informasi lebih lanjut pada November mendatang.

Menarik untuk melihat bagaimana kiprah Bixby ke depan. Setelah sempat mendapat berbagai ungkapan miring saat pertama kali muncul di Galaxy S8, kini asisten pintar tersebut menjanjikan sejumlah pengembangan untuk menantang para pesaingnya, seperti Alexa, Google Assistant, Siri, hingga Cortana. (jsn/rns)






Source link – Sumber : Detik.com

Get real time updates directly on you device, subscribe now.