OJK dan BEI Pede Tahun Politik Tak Pengaruhi Pasar Modal

0 27



Jakarta – Pengumuman pasangan calon presiden dan calon wakil presiden menandakan masuknya tahun politik. Para pelaku pasar modal pun mulai mewaspadai hal itu.

Namun, para penentu kebijakan pasar modal meyakini, tahun politik tidak akan banyak mempengaruhi perdagangan pasar saham. Keyakinan itu didasari dari data tahun-tahun politik sebelumnya.

“Dari pengalaman Pemilu sebelumnya, rasanya tidak ada dampak atau kejadian yang signifikan. Artinya politik kita diapresiasi karena pemilihan langsung yang mungkin paling aman sedunia tidak ada rusuh dan insya Allah 2019 juga akan berlangsung dengan baik,” kata Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK Hoesen di Gedung BEI, Jakarta, Jumat (10/8/2018).



Perdagangan saham di pasar modal memang disebut-sebut rentan jika adanya gesekan sosial, ekonomi maupun politik. Namun Hoesen yakin pesta demokrasi di 2019 akan berjalan aman.

Sementara Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia Inarno Djajadi menambahkan, menurut catatan BEI sepanjang tahun-tahun Pemilu, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tidak begitu terpengaruh. Pergerakan IHSG jauh lebih rentan jika adanya gejolak ekonomi global seperti saat terjadi krisis ekonomi.

“Bahkan indeks pada saat Pemilu pernah ada kenaikan. Indeks jatuh lebih banyak di 2008 dan 1998, itu karena faktor eksternal bukan pemilu,” ujarnya.

Seperti diketahui calon presiden Joko Widodo telah mengumumkan pasangannya Ma’ruf Amin, sedangkan Prabowo memilih Sandiaga Uno sebagai wakilnya.

(das/ara)



Source link – Sumber : Detik.com

Get real time updates directly on you device, subscribe now.