Pemerintah Lelang 3 Blok Migas Pekan Depan

0 18



Jakarta – Pemerintah akan melelang tiga wilayah kerja (WK) migas pekan depan. Tiga blok migas itu yakni Makassar Strait, South Jambi B, dan Selat Panjang.

“Tiga yang kita lelang minggu depan, Makassar Strait, South Jambi B, sama Selat Panjang,” kata Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar di Kementerian ESDM Jakarta, Jumat (10/8/2018).

Arcandra menerangkan, Makassar Strait mulanya merupakan bagian dari proyek laut dalam atau Indonesia Deepwater Development (IDD). IDD sendiri terdiri dari 3 WK yakni Makassar Strait, Rapak dan Ganal.


Lanjutnya, Blok Makassar Strait tersebut dilelang karena kontraknya akan berakhir lebih cepat yakni tahun 2020. Sementara, Rapak baru berakhir kontraknya tahun 2027 dan Ganal 2028.

“(Makassar Strait) stand alone, disendirikan,” tambah Arcandra.

WK South Jambi B masa kontraknya juga akan habis pada tahun 2020. Sementara, WK Selat Panjang akan berakhir masa kontraknya pada tahun 2021.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Djoko Siswanto mengatakan, Makassar Strait dilelang karena kontraktor eksisting yakni PT Chevron Indonesia, PT Pertamina, dan Sinopec menyatakan tidak berminat memperpanjang kontrak dengan alasan kurang ekonomis.

“Jadi di Makasaar Strait itu kan ada Chevron, Pertamina, dan Sinopec. Tiga-tiganya sudah kita tanya, tidak berminat. Jadi kita lelang,” kata dia dalam keterangannya, Kamis (12/7/2018).

(eds/eds)



Source link – Sumber : Detik.com

Get real time updates directly on you device, subscribe now.