Redam Rasa Cemas dengan Perbanyak Konsumsi 7 Makanan Ini

0 23


Jakarta – Kecemasan sering kali dirasakan seseorang. Perasaan ini bisa diredam dengan memperbanyak asupan makanan yang tepat.

Kecemasan sangat umum terjadi dalam hidup. Wajar bila rasa cemas menghampiri sesekali. Namun jika kecemasan sering terjadi tanpa alasan yang kuat, bisa jadi Anda mengidap gangguan kecemasan atau anxiety disorder.

Menurut Asosiasi Kecemasan dan Depresi Amerika, lebih dari 40 juta orang di Amerika mengidap serangan ini. Gangguan kecemasan yang parah sebenarnya perlu ditangani dengan obat-obatan dan terapi.


Selain itu, ada cara alami yang disarankan para dokter dan terapis. Dilansir dari She Knows (8/8), untuk mengurangi rasa cemas yang berlebih, Anda bisa memperbanyak asupan buah, sayuran, protein tanpa lemak, karbohidrat komplek dan lemak sehat seperti yang terkandung dalam makanan ini.

Baca juga : Kurangi Rasa Cemas di Pagi Hari dengan Secangkir Teh Hijau dan Sarapan Sehat

Redam Rasa Cemas dengan Perbanyak Konsumsi 7 Makanan IniFoto: Istock

1. Ikan

Ahli gizi Lisa Hayim merekomenkadikan konsumsi salmon untuk mengurangi rasa cemas. Kandungan asam lemak omega 3 dalam salmon mengurangi risiko penyakit jantung, mengurangi peradangan, melindungi sistem imun dan berperan penting dalam menjaga fungsi otak yang normal.

2. Dark chocolate

Mengonsumsi dark chocolate dipercaya bisa menurunkan kadar hormon stres kortisol dan juga katekolamin pada pengidap gangguan kecemasan. “Dark chocolate tidak hanya mengandung antioksidan yang dapat memperbaiki fungsi otak, tetapi rasanya juga enak, dan Anda tidak perlu merasa bersalah karena memakannya,” jelas Dr. Rob Raponi, seorang dokter naturopati. Ia mengatakan perlu berhati-hati memilih cokelat. Pilihlah cokelat yang mengandung 85% atau lebih kakao untuk meminimalisir asupan gula.

Redam Rasa Cemas dengan Perbanyak Konsumsi 7 Makanan IniFoto: iStock

3. Makanan fermentasi

Makanan fermentasi membantu usus untuk menghasilkan GABA (gamma-aminobutyric acid). GABA merupakan asam amino yang dikirim dari usus menuju ke otak. GABA bisa bantu atasi masalah kecemasan. “Tingkat rendah neurotransmitter GABA berkaitan dengan gangguan kecemasan dan suasana hati” ungkap Raponi.

Selain itu, makanan yang difermentasi juga mengandung probiotik yang tinggi sehingga menyehatkan usus dan pencernaan. Hayim menyarankan konsumsi kimchi karena difermentasi dan kaya akan prabiotik. Selain itu, Raponi merekomendasikan menambahkan sauerkraut, kombucha, tempe dan kefir ke dalam makanan Anda.

4. Teh hijau

Menyeruput teh di pagi hari sudah menjadi kebiasaan banyak orang. Dibalik itu, meminum teh dapat membantu menenangkan saraf Anda. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients pada tahun 2016 melaporkan teh hijau punya L-theanine yang bantu kurangi stress.

“L-theanine telah terbukti meningkatkan GABA, serotonin dan dopamin sementara menurunkan kortisol atau hormon stress” jelas Raponi. “Dengan menyeruput kandungan L-theanine pada teh hijau bisa menurunkan gejala fisik kecemasan hanya dalam beberapa menit.”

Redam Rasa Cemas dengan Perbanyak Konsumsi 7 Makanan IniFoto: iStock

5. Biji labu

Jika Anda memotong labu, jangan lupa untuk mengambil biji pada labu tersebut. Biji labu memiliki banyak triptofan melebihi kalkun. Tapi tidak membuat rasa kantuk. “Triptofan adalah prekursor serotonin, yang terkait dengan pengaturan tidur dan keseimbangan suasana hati,” jelas Raponi. Peneliti menjelaskan rendahnya kadar serotonin berkaitan dengan pengurangan rasa cemas.

6. Kacang kenari

Kacang-kacangan memang dipercaya bisa menjaga kesehatan tubuh. Menurut Hayim, kacang menari adalah salah satu kacang yang bisa mengurangi rasa cemas dalam diri Anda, karena kaya akan asam lemak omega 3 yang bisa mendukung kesehatan otak.

Redam Rasa Cemas dengan Perbanyak Konsumsi 7 Makanan IniFoto: Getty Images

7. Teh chamomile

Jika Anda ingin mengurangi rasa cemas Anda, cobalah untuk meminum teh chamomile setiap hari. Menurut pakar kesehatan, teh chamomile bisa bersifat sebagai obat penenang ringan dan dapat membantu untuk meredakan ketegangan otot dan mengurangi kecemasan dan iritabilitas.

Baca juga : Rasa Cemas dan Gelisah Ternyata Bisa Diatasi dengan Makan Ikan

Tonton juga ‘Ini Bekal Menarik dan Bergizi untuk Anak’:

[Gambas:Video 20detik]

(adr/adr)



Source link – Sumber : Detik.com

Get real time updates directly on you device, subscribe now.