RI-Malaysia Buat Mobil ASEAN

0 23



Jakarta – Pemerintah Indonesia dan Malaysia bekerja sama membuat mobil ASEAN. Ketua Institut Otomotif Indonesia Made Dana M Tangkas menjelaskan, kerja sama ini akan mengoptimalkan item produksi dari dua negara.

Mobil ASEAN adalah kendaraan yang komponen-komponen produksinya berasal dari negara-negara ASEAN.

“Jadi kan itu untuk item lokal kontennya harus mencapai 40%, sehingga kalau ini sudah besar mencapai 100% ASEAN content, ini baru bisa disebut mobil ASEAN,” kata dia saat penandatanganan kerjasama dengan pihak Malaysia di Hotel The Ritz Carlton, Jakarta, Jumat (10/8/2018).

Ia menjelaskan, melihat populasi manusia di Asean sudah mencapai 600 juta orang dengan potensial market untuk penjualan mobil yaitu empat juta setiap tahunnya. Dari alasan tersebut, Indonesia bekerjasama dengan Malaysia untuk membangun mobil yang akan dipasarkan di kawasan Asia.

“Kita melihat sebenarnya populasi di Asean ini lebih dari 600 juta kan. Itu pasar yang besar kalau kita lihat kan ASEAN market itu kira kira 4 juta. Kemudian kita bisa dengan mandiri mengelola wilayah kita Asia cuma pertanyaannya ini, sekarang banyak perusahaan dunia yang bermain di sana,” kata dia.

Ia menjelaskan dengan adanya kerjasama ini, Malaysia dan Indonesia bisa saling mentransfer teknologi sampai transfer bisnis .

“Bagaimana meng-elaborate dan mengajak mereka supaya ada suatu transfer teknologi, transfer bisnis yang diberikan kepada para rakyat yang ada di Asean ini ini yang menjadi poin,” kata dia.

Ke depan kata I Made, kolaborasi ini juga tidak hanya terbatas dengan dua negara namun juga beberapa negera ASEAN lain. Misalnya yang saat ini diprediksikan untuk bergabung yaitu Thailand.

“Nanti akan datang ke Indonesia dan membuat pabriknya di Indonesia dengan pabrik itu akan masuk ke pasar Malaysia dan juga tentunya ke depannya apakah mereka akan ke pasar Indonesia, Thailand dan Filipina mereka juga lihat. Seperti kita inisiasi disini adalah membentuk federasi institut otomotif ASEAN yang nanti akan sama-sama memikirkan rakyat ASEAN,” jelas dia. (eds/ddn)




Source link – Sumber : Detik.com

Get real time updates directly on you device, subscribe now.