Unik! Gamelan Kodok Peminta Hujan Bikinan Sunan Kalijaga

0 32


Cirebon – Sunan Kalijaga memiliki peninggalan yang unik di Cirebon. Ada alat musik untuk meminta hujan. Penasaran?

Alat musik yang dibikin Sunan Kalijaga itu bernama Gamelan Kodok Ngorek. Gamelan ini memiliki bentuk yang unik karena bentuknya sangat berbeda dengan gamelan pada umumnya.

Berbentuk kodok, ukurannya pun tidak terlalu besar. Gamelan tersebut terbuat dari kayu. Di atas ukiran berbentuk kodok itu terdapat piringan kecil berwarna hitam.


Di balik keunikannya itu, Gamelan Kodok Ngorek merupakan salah satu pusaka peninggalan Sunan Kalijaga dalam menyebarkan ajaran agama Islam di tanah Cirebon. Kini, Gamelan Kodok Ngorek disimpan di Museum Keraton Kasepuhan Cirebon. Wisatawan bisa melihatnya di sana.

Wakil Kepala Bagian Benda dan Bangunan Cagar Budaya Keraton Kasepuhan Cirebon, RM Hafidz mengatakan Gamelan Kodok Ngorek merupakan warisan Sunan Kalijaga pada abad 15. Menurut Hafidz gamelan tersebut selalu dibunyikan Sunan Kalijaga saat musim kemarau tiba.

“Gamelan ini dijadikan media untuk meminta hujan kepada Allah oleh Sunan Kalijaga saat musim kemarau tiba. Sesuai dengan namanya, lagu yang dibunyikannya juga berjudul Kodok Ngorek,” kata Hafidz saat ditemui detikTravel di Keraton Kasepuhan Cirebon, Kamis (9/8/2018).

Unik! Gamelan Kodok Peminta Hujan Bikinan Sunan KalijagaFoto: Sudirman/detikTravel

Hafidz mengaku belum mengetahui secara rinci sejarah dari gamelan tersebut. Terutama, tahun terakhir gamelan tersebut dibunyikan.

Gamelan Kodok Ngorek, lanjut Hafidz, dijadikan juga sebagai media penyebaran agama Islam. Usai memainkan gamelan kodok ngorek, Sunan Kalijaga selalu mengajak masyarakat untuk salat sunah meminta hujan.

Unik! Gamelan Kodok Peminta Hujan Bikinan Sunan KalijagaFoto: (Sudirman Wamad/detikTravel)

“Ya jadi alat untuk syiar Islam juga. Orang yang kumpul untuk melihat gamelan itu diberi pendidikan Islam. Kemudian, orang-orang itu diajak untuk salat sunah meminta hujan,” kata Hafidz.

Gamelan Kodok Ngorek memang sudah tak lagi dimainkan. Kendati demikian, gamelan peninggalan Sunan Kalijaga itu selalu dibersihkan setiap bulannya. Unik banget! (msl/fay)




Source link – Sumber : Detik.com

Get real time updates directly on you device, subscribe now.