Long Weekend di Depan Mata, Saatnya Jelajahi Indonesiamu

0 23


Jakarta

Libur panjang akhir pekan akan segera tiba, tepatnya pada Hari Kemerdekaan Indonesia dari 17 hingga 19 Agustus mendatang. Momen long weekend ini tentu menjadi waktu yang tepat untuk berwisata dan mengenal kekayaan budaya di Tanah Air.

Pasalnya, Indonesia dikenal dengan beragam adat istiadat yang unik dari Sabang sampai Merauke. Yuk, jelajahi keindahan budaya Indonesia. Berikut destinasi yang bisa menjadi pilihan Anda.

Museum Batik Pekalongan, Jawa Tengah

Pulau Jawa dikenal memiliki berbagai wisata budaya yang menarik untuk dijelajahi. Namun wisata budayanya tidak hanya sebatas candi, ada juga museum seperti Museum Batik Pekalongan. Ada sekitar 1.149 koleksi batik yang dapat Anda lihat di Museum Batik Pekalongan ini. Selain itu, Anda juga dapat melihat langsung proses pembuatan batik tulis sekaligus belajar membatik.

Solok, Sumatera Barat

Rumah Gadang (Foto: Shutterstock)Rumah Gadang (Foto: Shutterstock)

Pulau Sumatera memiliki kekayaan budaya yang juga bisa Anda kunjungi di long weekend mendatang. Salah satunya adalah Nagari 1.000 Rumah Gadang yang merupakan kompleks rumah tradisional di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat.

Selain bisa melihat keindahan bangunan Rumah Gadang, di destinasi ini Anda dapat menyaksikan tarian tradisional dan mempelajari tradisi suku asli di sana. Bukan hanya itu, Anda juga bisa mencicipi penganan asli Solok Selatan seperti pangek pisang.

Buton, Sulawesi Tenggara

Saat mengunjungi Pulau Sulawesi, cobalah mampir ke Kabupaten Buton. Di sana, Anda bisa belajar membuat tenun Buton yang biasanya menggambarkan keindahan objek alam. Kekayaan warna pada tenun Buton juga menjadi ciri khas kerajinan ini.

Singkawang, Kalimantan Barat

Singkawang dikenal sebagai Kota Seribu Kuil. Namun ada satu kuil yang paling menarik untuk Anda kunjungi, yakni Vihara Surga Neraka. Vihara ini dikenal sebagai vihara tertinggi di Kalimantan Barat karena terletak di atas Gunung Passi, sekitar 12 kilometer dari pusat Kota Singkawang.

Pura Luhur Uluwatu, Bali

Uluwatu (Foto: Shutterstock)Uluwatu (Foto: Shutterstock)

Bali memang surganya pariwisata. Bukan hanya terkenal dengan destinasi wisata alam, Bali juga terkenal karena memiliki banyak pura yang indah. Salah satunya adalah Pura Luhur Uluwatu yang berada di batu karang dan berbatasan langsung dengan laut. Pura ini adalah jenis Pura Sad Kayangan yang dipercaya masyarakat Hindu sebagai penyangga dari sembilan mata angin.

Kampung Bena, NTT

Jika berencana untuk melihat kearifan lokal di Nusa Tenggara, cobalah mampir ke Kampung Bena, Nusa Tenggara Timur. Kampung ini merupakan kampung adat tertua di NTT dan terletak di kaki Gunung Inerie. Selain bisa melihat langsung keunikan rumah adat dan tradisinya, Anda juga bisa menikmati indahnya pemandangan Gunung Inerie yang memukau.

Ambon, Maluku

Mau melihat keindahan budaya di Maluku? Mampir saja ke Ambon. Di sana Anda bisa menyaksikan Festival Teluk Ambon yang berlangsung dari 17 – 20 Agustus 2018. Ada juga Karnaval Pesona Merah Putih, pameran, acara bersih laut, Arumbae Manggurebe, dan suguhan seni lainnya. Menarik kan?

Lembah Baliem, Papua

Tahun ini ada berbagai festival yang digelar di Papua seperti Festival Lembah Baliem. Festival ini merupakan upacara yang menceritakan peristiwa perang antara suku Dani, Lani, dan Yali untuk menunjukkan kesuburan dan kesejahteraan masyarakat. Festival ini kemudian menjadi ajang adu kekuatan antar suku dan sudah mulai berlangsung turun-temurun. Meski bertajuk perang, Festival Lembah Baliem ini aman untuk Anda saksikan.

Seru, kan? Jika Anda berencana untuk menjelajahi budaya di Tanah Air, pastikan Anda sudah memesan tiket pesawat dan hotel di Pegipegi. Selain praktis, Pegipegi juga menawarkan beragam promo menarik yang sayang untuk Anda lewatkan.

Long Weekend di Depan Mata, Saatnya Jelajahi Indonesiamu

Promo Kemerdekaan dari Pegipegi menawarkan diskon hotel hingga Rp 2 juta dan diskon tiket pesawat senilai Rp 125 ribu rupiah. Anda juga bisa mendapatkan kupon, harga spesial, dan penawaran menarik lainnya dari Pegipegi.

Masih penasaran dengan destinasi wisata budaya lainnya? Yuk, cari tahu tips seputar destinasi wisata dari Pegipegi. Jangan lupa juga untuk mem-follow Instagram, Facebook, dan Twitter Pegipegi untuk tahu informasi menarik lainnya.

(adv/adv)





Source link – Sumber : Detik.com

Get real time updates directly on you device, subscribe now.