7 Kawasan Kuliner Pecinan di Indonesia yang Siap Memuaskan Selera

0 17


Jakarta – Kalau mau menikmati makanan khas China bisa datang ke kawasan pecinan yang ada di beberapa daerah. Di sini bisa makan enak sambil jalan-jalan.

Jumlah populasi etnis China di Indonesia terbilang cukup banyak dan tersebar di beberapa daerah. Tak heran ada beberapa kawasan pecinan yang bisa jadi destinasi wisata budaya sekaligus tempat berburu kuliner peranakan.

Di Indonesia ada beberapa kawasan pecinan yang terkenal. Simak 7 kawasan pecinan yang wajib dikunjungi saat menyambangi Semarang hingga Medan.


1. Kawasan Kota Lama, Jakarta

7 Kawasan Kuliner Pecinan di Indonesia yang Siap Memuaskan SeleraFoto: Instagram boysuhartono

Kawasan pecinan di Jakarta memang memiliki cakupan yang cukup luas. Etnis China banyak menetap di kawasan Kota Tua, Glodok, Pecenongan, Pasar Baru hingga Kelapa Gading. Tapi kalau mau berburu makanan peranakan coba datang ke kawasan Gang Gloria, Petak Sembilan.

Di sini suasana masyarakat Tionghoa sangat terasa kental. Kuliner yang bisa jadi buruan juga terbilang banyak. Beberapa diantaranya terbilang kuliner legendaris seperti es kopi Tak Kie, rujak shanghai Encim atau bakmi Amoy.

Baca juga : Main ke Pecinan Bisa Makan Soto Betawi, Bihun Kari hingga Gado-Gado

2. Kampung Sudiroprajan, Solo

7 Kawasan Kuliner Pecinan di Indonesia yang Siap Memuaskan SeleraFoto: Instagram hapelinium

Di kampung Sudiroprajan ini ada Klenteng Tien Kok Sie yang sudah dibangun sejak tahun 1754. Di sini terlihat kerukunan yang erat antara etnis Jawa dan China. Selain bisa jadi lokasi mengenal budaya, di sini juga ada kuliner yang boleh dilewatkan.

Di Kampung Sudiroprajan ada ritual tahunan yang disebut grebeg sudiro. Acara ini biasa digelar saat menyambut Imlek. Sebuah gunungan berisi kue keranjang dan bakpia mbalong biasa jadi makanan yang diperebutkan pengunjung.

3. Kya-Kya, Surabaya

7 Kawasan Kuliner Pecinan di Indonesia yang Siap Memuaskan SeleraFoto: Instagram eventsuroboyo

Kawasan ini dulunya dikenal sebagai pasar malam kawasan Pecinan. Saat malam hari di sini suasananya sangat ramai dan meriah karena dihias dengan lampion warna-warni.

Karena ramai setiap malamnya, kawasan ini juga jadi salah satu destinasi para pelancong yang datang ke Surabaya untuk traveling. Dulunya ada sekitar 200 pedagang kuliner yang memenuhi kawasan ini tapi sekarng jumlahnya tak sebanyak itu.

Beragam kuliner yang ditawarkan di Kya-Kya mengusung citarasa Surabaya dan kuliner peranakan China. Ada makanan halal dan non halal di kawasan ini jadi pastikan untuk teliti ya.

4. Pasar Semawis, Semarang

7 Kawasan Kuliner Pecinan di Indonesia yang Siap Memuaskan SeleraFoto: Instagram @bagurru

Pasar Semawis atau Kampung Semawis adalah kawasan pecinan yang tak boleh terlewatkan kalau berkunjung ke Semarang. Kawasan ini selalu ramai setiap malam, bagi para pemburu kuliner, ini adalah tempat yang tepat.

Di sini Anda bisa mencicip nasi gudeg, nasi ayam, aneka sate, bakmi jawa hingga sate babi Singapura. Saking banyaknya jajanan di Semawis, kawasan ini bahkan mendapat gelar sebagai salah satu jajanan street food terpanjang di Kota Lama Semarang.

5. Pecinan Lama, Bandung

7 Kawasan Kuliner Pecinan di Indonesia yang Siap Memuaskan SeleraFoto: Instagram yourbandung

Bandung memiliki tiga kawasan pecinan populer yakni di daerah Jalan Pecinan Lama, kawasan Pasar Baru Jalan Kebonjati dan Jalan Gardujati. Di kawasan ini bukan hanya bisa melihat bangunan kuno arsitektur China kuno tapi juga bisa jajan enak.

Di kawasan pecinan ini bisa belanja berbagai kebutuhan harian, mengunjungi pabrik kopi Aroma hingga kulineran di Jalan Cibadak. Kawasan Jalan Cibadak ini jadi tempat berkumpulnya pedagang jajanan enak yang halal dan non halal. Area ini selalu ramai dikunjungi setiap malam kecuali di hari Kamis.

Baca juga : Di Kawasan Pecinan Bisa Menikmati Teh China Bersama Dim Sum

6. Kesawan Square, Medan

7 Kawasan Kuliner Pecinan di Indonesia yang Siap Memuaskan SeleraFoto: Instagram

Kawasan pecinan di Medan ini juga siap memanjakan lidah para pemburu kuliner lokal dan peanakan China. Daerah ini terkenal dengan bangunan-bangunan lama yang bisa jadi destinasi wisata.

Kawasan Kesawan juga jadi tempat yang pas untuk berburu kuliner halal dan non halal. Kesawan Square memliki luas area sepanjang 800 meter yang menyajikan jajanan setiap malam.

Bagi yang tak bisa menyantap makanan non halal, di sini ada tanda khusus. Penjual makanan halal ditandai dengan bangku dan atribut makan berwarna biru sementara yang non halal ditandai dengan warna merah.

7. Singkawang, Kalimantan Barat

7 Kawasan Kuliner Pecinan di Indonesia yang Siap Memuaskan SeleraFoto: Instagram @melia.budiman

Singkawang yang terletak sekitar 145 km dari Pontianak ini juga bisa jadi tujuan wisata kuliner pecinan. Sebagian besar masyarakatnya adalah keturunan Tionghoa jadi tak heran kuliner di sini mayoritas bercitarasa khas China.

Beberapa hidangan yang bisa dicoba antara lain bubur gunting, sotong bakar, mie tiaw, bubuk pekong choi pou pan hingga kopi yang nikmat. Di sini banyak juga kuliner non halal jadi disarankan untuk bertanya dulu sebelum memutuskan untuk membeli dan mencicipnya. (dvs/odi)



Source link – Sumber : Detik.com

Get real time updates directly on you device, subscribe now.