Bau Mulut Pertanda Masalah pada Organ Tubuh? Begini Kata Dokter

0 21



Jakarta – Hah! Siapa nih sering kesal begitu menyadari aroma mulut sendiri yang ternyata bau menyengat banget? Ya begitu deh, bau mulut atau halitosis memang kerap jadi salah satu pertanyaan di daftar tersering yang diterima pada dokter mulut.

Kalau kamu salah satu orang yang menanyakan mengenai hal ini kepada detikHealth beberapa waktu lalu, Dr drg Febrina Rahmayanti, SpPM(K), Ketua Departemen Ilmu Penyakit Mulut Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia siap menjawab kegundahan kamu. Ini dia beberapa pertanyaan terpilih yang dijawab langsung oleh drg Febrina.


Tanya (T):

Sudah dua kali sikat gigi, menggunakan mouth wash, dan mengunyah permen mint. Tapi masih saja bau mulut. Apa ada masalah dalam organ dalam? (@SweetVanillo)
Benarkah bau mulut tidak sedap berhubungan dengan masalah di organ dalam? (@ochawidiyani)

Jawab (J) :

Halitosis ini ada banyak penyebabnya. Ada yang memang dari lokal atau masalahnya bersumber dari area mulut itu sendiri, atau dari penyebab lain misalnya masalah pencernaan atau lainnya. Lakukan pemeriksaan apakah ada gigi berlubang atau kelainan gusi. Jangan lupa untuk membersihkan punggung lidah karena di situlah tempat hidup kuman yang bisa menyebabkan bau mulut.

“Air ludah, perlu dicek. Orang kering mulutnya bisa menyebabkan pertumbuhan bakteri. Kalau orang bangun tidur dicium kan baunya beda sama yang baru sikat gigi karena kita tidur produksi ludahnya sedikit. Ludah sedikit jadi bau juga,” jelas drg Febrina. Ingat, produksi air liur dipengaruhi salah satunya oleh konsumsi air.

Dari konsumsi makanan juga berpengaruh kepada bau mulut. Makan bawang, pete, jengkol, tentunya bisa bikin bau mulut. Kebanyakan makan daging juga bisa mempengaruhi proses metabolisme lebih lama atau ada yang terselip sehingga baunya berubah busuk. Jadi ada pengaruhnya pada masalah organ?

“Organ dalam harus dicek kelainannya apa, ada masalah sinusitiskah? Itu bisa menyebabkan (halitosis). Sebaiknya dicek di jaringan periodontal, kalau tidak ada cek sistemik atau organnya,” ungkapnya.

“Ada juga orang halitophobia kadang-kadang tidak ada penyebabnya. Kita cek juga dari halimeternya, kalau ternyata dalam kondisi normal, bisa jadi halitophobia. Mungkin enggak pede ‘kok orang ngomong sama saya tutup mulut ya? Harus dicek apakah ada kondisi psikologis.”

(T): Ada nggak sih cara praktis menghilangkan bau mulut setelah makan pete atau jengkol? (@annissawd)

(J): Makan timun dan minum air putih yang banyak. Ada juga yang makan yogurt karena ada kandungan dalam yogurt yang bisa menghilangkan bau mulut.

(ask/up)



Source link – Sumber : Detik.com

Get real time updates directly on you device, subscribe now.