Benarkah Radiasi Ponsel Bisa Picu Kanker Payudara?

0 15


Jakarta – Kanker payudara merupakan salah satu penyakit berbahaya yang bisa menyerang siapapun. Penyakit ini tengah menjadi topik perbincangan hangat saat ini, disebabkan oleh meningkatnya angka penderita kanker payudara di tanah air, serta minimnya pemahaman masyarakat awam mengenai penyebab dan cara pencegahannya.

Banyak isu dan pendapat di kalangan masyarakat tentang pemahaman hal-hal yang dapat memicu kanker payudara sehingga berujung paranoid dan kesalahpahaman dalam menyampaikan informasi.

Contoh isu yang banyak berkembang di masyarakat mengenai bahaya radiasi ponsel terhadap kanker payudara, Banyak yang menganggap jika mengantongi ponsel di baju dan tidur di dekat ponsel bisa picu kanker payudara. Benar nggak sih?


Menurut dokter ahli radiologi onkologi, dr Fielda Djuita SpRad (K) Onk Rad mengatakan belum ada penelitian tentang kebenaran radiasi bisa memicu kanker payudara, kemudian ia juga menegaskan untuk tidak menyebar hoaks tentang hal itu.

“Gadget di kantong belum ada penelitiannya, radiasi ponsel juga. Jadi jangan menyebarkan hal-hal yang belum ada penelitiannya. Itu bisa jadi hoaks,” ujar dokter pencinta basket dan renang ini.

Nah, sebaiknya saat menerima informasi, harus cari kebenarannya dulu melalui sumber-sumber terpercaya atau bertanya langsung pada ahlinya biar jelas dan nggak bikin salah paham, ya.

(frp/frp)



Source link – Sumber : Detik.com

Get real time updates directly on you device, subscribe now.