Pilih Bensin yang Sesuai Supaya Mesin Nggak Ngelitik

0 19



Jakarta – Otolovers, pernah nggak mendengar anggapan soal Bahan Bakar Minyak (BBM) dengan tingkat oktan tinggi bisa membuat mesin lebih awet?

Mengutip Kelley Blue Book, Kamis (11/10/2018) asumsi tersebut ada benarnya. Tingkat oktan bukan hanya berlaku pada BBM saja, pada mesin pun juga. Mesin juga memiliki batasan tingkat minimal oktan yang masih bisa membuat mobil menampilkan performa terbaiknya.

Tingkat oktan minimal itu bisa membantu menghindari gejala mengelitik pada mobil akibat pembakaran yang tidak sempurna. Artinya kalau mesin tidak memiliki asupan dari kadar oktan yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan, bukan tidak mungkin bunyi mengelitik bakal bermunculan.


Bunyi mengelitik yang berlebihan menandakan ada sesuatu yang tidak beres pada mobil. Kalau terus dibiarkan maka bakal merusak mesin. Nah Otolovers kalau di mobil ada bunyi mengelitik ada baiknya mengecek bensin kadar oktannya sudah sesuai atau belum dari yang direkomendasikan pabrikan.
Tetapi beda halnya kalau mobil sudah berumur tua. Mesin mengelitik bisa disebabkan oleh perawatan kurang maksimal dan cara berkendara seseorang. Mobil-mobil tua mungkin lebih cocok untuk diisi dengan bensin berkadar oktan lebih tinggi demi menghindari suara mengelitik.

Bunyi mengelitik biasanya memang mengganderungi mobil-mobil berumur. Setidaknya bisa membuat mobil menampilkan performa yang baik. Sementara mobil baru tidak perlu menggunakan BBM berkadar oktan tinggi. Pakailah yang disarankan oleh pabrikan. (dry/ddn)




Source link – Sumber : Detik.com

Get real time updates directly on you device, subscribe now.