Pria yang Minum 2 Cangkir Kopi per Hari Bisa Lebih Cepat Jadi Ayah

0 19


Jakarta – Sebuah penelitian mengklaim pria yang minum kopi sebanyak dua cangkir sehari punya kemungkinan lebih besar menjadi ayah. Ini penjelasannya!

Beberapa waktu lalu tim peneliti mengungkap manfaat minum kopi pada pria. “Jadi sangat mengejutkan bahwa peminum kopi pria ternyata cenderung lebih bisa membuat pasangannya hamil” ungkapnya. Penelitian tersebut melibatkan 500 pasangan yang sedang mencoba punya anak.

Penelitian yang dipresentasikan di konferensi tahunan American Society for Reproductive Medicine di Denver menemukan asupan kafein berupa 2 cangkir kopi per hari pada pria bisa menggandakan kemungkinan kehamilan pada pasangannya saat melakukan hubungan seks.


Judul : Peneliti: Pria yang Minum 2 Cangkir Kopi per Hari Bisa Lebih Cepat Jadi AyahFoto: Istock

“Kami agak terkejut dengan hasil penelitian bahwa asupan kafein pada pria bisa berdampak pada kesuburan” ujar Dr Sunni Mumford, seorang penulis utama dari Institut Kesehatan Nasional AS.

Baca juga : Minum Kopi Bisa Percepat Berat Badan Turun Asal Ikuti 4 Aturan Ini

“Hasil ini menyoroti pentingnya faktor gaya hidup di kedua pasangan, baik pria maupun wanita selama jendela reproduksi sensitif untuk mempengaruhi fekundabilitas, dan kebutuhan untuk bimbingan prakonsepsi yang tepat untuk pasangan yang sedang berusaha hamil.,” lanjut sang peneliti.

Temuan ini menjadi perdebatan, lantaran bertentangan dengan penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa teh dan kopi sangat tidak baik untuk pria yang ingin pasangannya hamil. Tahun lalu, ulasan dari 28 makalah tentang asupan kafein dan sperma yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition menemukan bahwa itu bisa mempengaruhi kesuburan pria dengan kemungkinan merusak DNA sperma.

Ada mekanisme yang mungkin dapat mendukung temuan baru tersebut yang melibatkan dua bahankimia dalam tubuh yang disebut Adenosine Triphosphate (ATP) dan Guanosine Triphosphate (GTP), seperti yang dikatakan oleh Prof Sheena Lewis, seorang ahli reproduksi di Queen’s University di Belfast.

Judul : Peneliti: Pria yang Minum 2 Cangkir Kopi per Hari Bisa Lebih Cepat Jadi AyahFoto: Istock

“Kafein mencegah bahan kimia memecah sehingga lebih banyak energi tersedia untuk sel-sel termasuk sperma. Sehingga mereka bisa berenang lebih cepat atau lebih lama. Ini adalah berita baik, karena banyak infertilitas disebabkan oleh sperma yang buruk” ujarnya.

Namun, para ahli lainnya menyarankan para pria untuk tetap hati-hati dan jangan sampai terburu-buru untuk membeli minuman berkafein tinggi. Menurut Prof Charles Kingland studi tersebut menunjukkan apa yang Anda makan dan minum sangat penting sebelum kehamilan

Seperti menghindari minum minuman beralkohol dan merokok, karena hal tersebut justru akan mengurangi kemungkinan kehamilan hingga 26%.

Baca juga : Kabar Baik! Rutin Minum Kopi Bisa Bikin Umur Lebih Panjang (dwa/odi)



Source link – Sumber : Detik.com

Get real time updates directly on you device, subscribe now.