Selamat Jalan Edi Supardi, Pendiri Roti Bakar Eddy yang Legendaris

0 18


Jakarta – Kabar duka datang dari pencinta roti bakar di Jakarta khususnya. Kemarin sore, pendiri Roti Bakar Eddy meninggal dunia dalam usia 67 tahun.

Mendiang Edi Supardi memulai usaha roti bakarnya dari nol. Bemodalkan pengalamannya saat menjadi karyawan di sebuah warung roti bakar kaki lima, pada tahun 1971 ia akhirnya menjual ‘Roti Bakar Eddy’ pertama di wilayah Blok M, dekat Universitas Al-Azhar Indonesia dengan gerobak.

Melihat sejarah yang ditulis di situs resmi Roti Bakar Eddy yang juga dimuat dalam Majalah Bisnis Global Edisi (03/13), awalnya, beliau justru coba peruntungan dengan berdagang lontong sayur dan bubur ayam di lokasi yang sama. Namun ternyata roti bakarlah yang membuat namanya dikenal banyak orang.


Selamat Jalan Edi Supardi, Pendiri Roti Bakar Eddy yang LegendarisFoto: situs rotibakareddy

Pelanggan roti bakar buatannya mulai banyak dan tiap pelanggan yang mengetahui namanya, selalu menyebut roti bakarnya sebagai ‘Roti Bakar Eddy’. Roti Bakar Eddy pun sangat populer di tahun 1980-an. Meski begitu, ia harus melewati masa-masa sulit 5 tahun setelahnya. Hal itu terjadi lantaran adanya kerusuhan yang terjadi di wilayah Blok M dan sekitarnya. Pemerintah menetapkan peraturan baru yang tak memperbolehkan warga keluar rumah lewat pukul 21:00 WIB.

Tapi beliau tak pantang menyerah. Tak lama setelahnya, usahanya justru makin sukses. Ia pun membuka Roti Bakar Eddy pertama dengan lahan cukup luas di belakang Universitas Al-Azhar Indonesia Jakarta. Karena kelezatan roti bakar buatannya, ia pun berhasil membuka gerai Roti Bakar Eddy di Depok, Bogor, Bekasi, Tangerang serta beberapa wilayah di Jakarta.

Saat ini, Edi Supardi tengah tenang disisi-Nya. Ia dikabarkan meninggal dunia pada 10 Oktober 2018 pukul 16:25 WIB. Rencananya, jenazah Eddy akan dimakamkan siang ini di TPU Jeruk Purut, Jakarta Selatan.

Selamat Jalan Edi Supardi, Pendiri Roti Bakar Eddy yang LegendarisFoto: Instagram risdiantiedi

Mendengar kabar tersebut, banyak orang yang berbela sungkawa. “Innalillahi wa inna ilaihi rajiuun….selamat jalan Pak Edi…..sudah tenang sekarang, udah gak sakit lg…. Terimakasih buat masa2 indah jaman saya bujang nongkrong di tempat bapak….,” tulis akun @krisnayra.

“*Innalilahi wainnailaihi Rojiuun* Telah meninggal dunia sore ini jam 17.00 di RS. Mayapada – Lebak bulus JakSel. Bp H. Eddy Supardi (founder & owner Roti Bakar Edi) semoga Alm. Mendapatkan tempat yang Mulia disisi Tuhan YME. Aamiin Aamiin YRA,” tulis akun Facebook Lena Satifa.

“Innalillahiwainnailaihirojiun .. deep condolence to Bp Eddy Soepardi, the founder famous Roti Bakar / Grilled Charcoal Bread Eddy,” tulis akun @hwn_nurul.

Akun @agus_safaru bahkan menyebut Pak Eddy sebagai seorang ‘legenda’. “Selamat jalan sang legenda . . semoga khusnul qotimah . .Aminnn,” tulisnya,

Selamat jalan pak Edi! Terima kasih buat roti bakar enak yang kau perkenalkan pada warga Jakarta!

Tonton juga ‘Sensasi Unik dan Nikmat Makan ‘Pepes’ Roti Bakar’:

[Gambas:Video 20detik]

(dwa/odi)



Source link – Sumber : Detik.com

Get real time updates directly on you device, subscribe now.