Taiwan Berikan Bantuan USD 500.000 untuk Bencana Sulteng ke PMI

0 34






Jakarta
Taipei Economic and Trade Office (TETO) menyerahkan bantuan USD 500.000 untuk korban bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah. Bantuan tersebut diserahkan ke Palang Merah Indonesia (PMI).

Penyerahan donasi diberikan Kepala Perwakilan Taipei Economic and Trade Office Indonesia, John C. Chen. Donasi itu diterima oleh Plh Ketua Umum PMI Ginandjar Kartasasmita di Kantor PMI Pusat, Jl. Gatot Subroto, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kamis (11/10/2018).

John menyampaikan bela sungkawa atas gempa dan tsunami di Palu dan Donggala. Dia berharap agar korban bencana bisa segera menjalani hidup normal.


“Bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah telah menyebabkan kehilangan yang mendalam baik korban jiwa maupun materi. Oleh karena itu pemerintah dan rakyat Taiwan bekerja sama dengan PMI memberikan bantuan lain sebesar USD 500.000, Kami berharap melalui PMI semoga bantuan ini dapat membantu meringankan beban para korban bencana dapat segera kembali menjalani kehidupan normal,” ujar John dalam sambutannya.

Sebelum bekerja sama dengan PMI, John mengatakan Pemerintah Taiwan juga telah memberikan bantuan melalui Majelis Ulama Indonesia dengan jumlah uang yang sama, yaitu USD 500.000.

Sementara itu, Ginandjar menyambut baik bantuan donasi dari pemerintahan Taiwan. Dia mengatakan akan segera mengalokasikan dana-dana yang sudah terkumpul di PMI untuk korban bencana.

“Jadi kita sangat gembira bahwa selain dari masyarakat Indonesia yang sudah terkumpul Rp 10,8 miliar, juga dari masyarakat luar negeri berempati kita. Bantuannya gimana tentu kita rencanakan, tim kami sedang ada di Palu untuk melihat apa saja yang paling dibutuhkan segera,” ujar Ginandjar.

Taiwan Berikan Bantuan USD 500.000 untuk Bencana Sulteng ke PMIFoto: Pemerintah Taiwan menyerahkan bantuan USD 500.000 untuk korban bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah. Bantuan diserahkan ke PMI. (Zunita-detikcom)

Ginandjar memastikan selain memberikan bantuan berupa logistik dan alat medis, PMI juga akan berusaha membantu mencari anggota keluarga korban yang hilang.

“Yang dibutuhkan utama itu makanan, tempat tinggal sementara, selimut, pengobatan, air bersih atau air minum. Jadi langkah kita berikutnya mempertemukan orang yang kehilangan keluarganya, terus juga kita memberikan dukungan sosial kepada masyarakat,” pungkasnya.

(zap/idh)





Source link – Sumber : Detik.com

Get real time updates directly on you device, subscribe now.