Jokowi Ingatkan ‘Winter is Coming’, PKS: Terlalu Gegabah!

0 16






Jakarta
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut istilah ‘winter is coming’ yang dikenal dalam serial Game of Thrones untuk menggambarkan kondisi perekonomian global saat ini. PKS menilai Jokowi tergesa-gesa dalam menyimpulkan.

“Saya kira terlalu gegabah menggunakan perumpamaan itu,” kata Direktur Pencapresan PKS Suhud Alynudin saat dimintai konfirmasi, Jumat (12/10/2018).

Suhud menjelaskan, isitilah ‘winter is coming’ digunakan ketika hendak memasuki masa krisis. Karena itu, ia mempertanyakan maksud Jokowi.


“‘Winter is coming’ jika dikaitkan dengan ekonomi adalah istilah siklus ekonomi (kondratiev cycle) saat situasi memasuki periode krisis. Apakah Pak Jokowi mengakui kita saat ini akan memasuki krisis?” ujar Jubir timses Prabowo Subianto-Sandiaga Uno itu.

Selain itu, menurut Suhud penggunaan istilah tersebut dalam serial GoT merujuk pada kisah perebutan takhta. Suhud pun kembali mempertanyakan sudut pandang Jokowi.

“Dalam serial film Game of Thrones, ‘winter is coming’ adalah serial awal yang menceritakan asal muasal kekacauan di sebuah kerajaan akibat perebutan takhta,” sebutnya.

“Nah, apakah Pak Jokowi juga memandang situasi Indonesia seperti di serial itu? Dimana orang-orang yang punya ambisi melakukan apa pun untuk meraih takhta?” imbuh Suhud.

Sebelumnya, Jokowi mengingatkan kepada seluruh pejabat dunia yang hadir dalam acara IMF-World Bank (WB)tahun 2018 untuk mewaspadai fenomena baru yang mengancam ekonomi. Ancaman tersebut, kata dia datang setelah para pemangku kebijakan di dunia berhasil menyelamatkan ekonomi dari krisis keuangan.

Menurut Jokowi, laporan dari Christine Lagarde yang menyebut ekonomi negara masih dibayangi perbaikan data ekonomi Amerika Serikat (AS). Jokowi menyebut bahwa ekonomi saat ini seperti winter is coming atau yang dikenal dalam serial Game of Thrones.

“Perang dagang semakin marak dan inovasi teknologi mengakibatkan banyak industri terguncang, negara-negara yang tengah tumbuh sedang mengalami tekanan pasar yang besar, dengan banyak masalah perekonomian dunia sudah cukup kita mengatakan bahwa winter is coming,” ujar Jokowi di Nusa Dua Hall, Bali, hari ini.

(tsa/dkp)




Source link – Sumber : Detik.com

Get real time updates directly on you device, subscribe now.