Pidato Jokowi Bawa Diplomasi RI ke Level Lebih Tinggi

0 20







Jakarta
Direktur pelaksana International Monetary Fund (IMF) Christine Lagarde dan Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim memuji pidato Presiden Joko Widodo saat membuka pertemuan tahunan itu di Nusa Dua, Bali. Politikus di dalam negeri pun memuji Jokowi, yang di salah satu poin pidatonya, menyinggung film Game of Thrones.

Wakil Ketua Fraksi Partai Golongan Karya DPR RI, Meutya Viada Hafid pun memuji Jokowi. Dia turut bangga karena seluruh hadirin yang memenuhi Nusa Dua Hall, BNDCC, Bali, pagi ini memberikan standing ovation untuk pidato Jokowi.

Pujian dari Lagarde yang menyebut Jokowi telah mencetak standar pidato luar biasa, lanjut Meutya, memiliki makna tersendiri di dunia diplomasi. “Dalam diplomasi, ini membawa Indonesia ke level diplomasi yang lebih tinggi lagi,” kata Ketua DPP Golkar bidang Luar Negeri itu saat berbincang, Jumat (12/10/2018).



Meutya juga memuji keberanian Presiden Jokowi mengkritik negara-negara maju yang diibaratkan sebagai game of thrones. “Sibuk berperang sesamanya hingga lupa bahwa kunci keberlangsungan adalah kerjasama, cooperation,” kata anggota Komisi I DPR RI ini.

“Presiden juga mengingatkan bahwa Amerika Serikat pertumbuhan ekonominya pesat, namun banyak negara lain yang tidak. Ini perlu keseimbangan. Tidak bisa satu dua negara maju dan besar sendiri,” lanjut Meutya.

Presiden Jokowi dalam pidatonya mengibaratkan dominasi perekonomian negara maju yang terus mendominasi seperti halnya serial Game of Thrones.

“Hubungan antar negara-negara ekonomi maju semakin lama semakin terlihat seperti “Game of Thrones”. Balance of power dan aliansi antar negara-negara ekonomi maju sepertinya tengah mengalami keretakan. Lemahnya kerja sama dan koordinasi telah menyebabkan terjadinya banyak masalah seperti peningkatan drastis harga minyak mentah dan juga kekacauan di pasar mata uang yang dialami negara-negara berkembang,” kata Jokowi.

Christine Lagarde dan Jim Yong Kim memuji pun langsung memuji Jokowi. Bahkan sambil berkelakar, Jim Yong Kim sempat akan izin pulang duluan karena takut kalah pidato dengan Jokowi.

“Ketika pak Jokowi pidato. Ah sebaiknya saya pulang, karena sambutan saya tidak bisa lebih baik dari dia. Tapi bu Christine menyampaikan jika kami bisa,” kata Jim Yong Kim.

Saksikan juga video ‘Semangat Jokowi Galakkan Fintech di Ekonomi RI’:

[Gambas:Video 20detik]

(erd/elz)





Source link – Sumber : Detik.com

Get real time updates directly on you device, subscribe now.